serba serbi

Zakat Fitrah Di Mesjid Alhadona Balige Rp 25.000 per Jiwa

Balige-Hak Suara. Pembayaran zakat fitrah bagi setiap umat islam, hukumnya adalah wajib (harus) dan dibayarkan saat bulan suci ramadhan. Pembayaran zakat fitrah dan zakat mal umumnya dibayarkan kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di mesjid ataupun musholla, tapi boleh juga dibayarkan langsung kepada orang-orang fakir miskin, anak yatim piatu, orang yang muallaf dan kaum dhuafa, asal mengetahui tata cara pembayaran zakat fitrah sesuai dengan yang tertuang di dalam Alquran dan hadis nabi.

Di mesjid Alhadonah Balige, kabupaten Toba Samosir, Penerimaan zakat fitrah mulai dilakukan sejak pertengahan bulan Ramadhan sampai malam takbiran ramadhan. hal ini di sampaikan oleh ketua Badan Zakat Nasional Kabupaten Toba Samosir Ustad Faturohman, Senin 20/5/2019 melalui telepon seluler.

” Zakat fitrah di terima, biasanya pertengahan ramadhan sampai dengan malam takbiran ramadhan dan disalurkan dua hari sebelum lebaran (sholat Id). Agar penerima zakat bisa memanfaatkannya dengan baik” kata Ustad Faturohman ketua Baznas Kabupaten Toba Samosir.

” Untuk tahun ini, di mesjid Alhadonah Balige ada tiga pilihan jenis besaran zakat fitrah tergantung kemampuan orang wajib zakat yaitu Rp 25.000, Rp 30.000 dan Rp 35.000. Namun Untuk harga standar (Nisab) penetapan zakat fitrah sebesar 2,5 liter beras di kali harga beras di pasaran, jika di uangkan sebesar Rp 25.000″ ucapnya menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Unit pengumpul zakat di mesjid Assalam Parsuratan, Sulaiman Simanjuntak mengatakan bahwa untuk nisab zakat fitrah tahun 2019 mengikuti mesjid Alhadonah Balige sebesar Rp 25.000, Rp 30.000, Rp 35.000. Sementara untuk penyaluran zakatnya mulai dilakukan sehari sebelum lebaran.

Jenis zakat yang harus dibayarkan oleh umat muslim adalah zakat fitrah 2,5 liter beras, nisab zakat emas murni (85gram) kadar zakatnya 2,5 per sen, nisab zakat hasil tani (653 kilo gram), kadar zakatnya 5 – 10 per sen setiap menerima hasil. (Denythia)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.